Kamis, 27 Agustus 2009

Asiafone 903 (Klon BlackBerry Bold)

Sejak Senin, tanggal 24 Agustus 2009, saya menggunakan ponsel Asiafone AF903 (bentuk klon BlackBerry Bold). Fitur yang ada serta harga yang menarik, membuat saya berkenan membelinya.
Walau BlackBerry atau smartphone produsen papan atas memiliki fitur yang betul-betul berlimpah, namun mereka belum mengakomodir dual on GSM yang Asiafone miliki. Sejak AF903 saya peroleh, segera "nafsu ulik" mengambil alih.
Langsung mainkan MP3 dengan volume 50% dan jeprat-jepret foto (kualitas 2 MPix tanpa flash). Browsing langsung menggunakan simcard Simpati besutan Telkomsel. Selesai beberapa menit browsing menggunakan kartu tersebut, kok terasa mahal yah. Kira-kira 5 menit saja, habis pulsa mencapai Rp5ribu juga. Kok gak ramah dengan dompet nih.
Padahal yang dibuka situs facebook, detik, detikinet, tempointeraktif, kompas.
Memang saya tidak menggunakan paket yang sedang ditawarkan oleh pihak produsen, seperti paket berlangganan dengan ketik "*xxx#" dan lain sebagainya. Bukan apa-apa, paket seperti itu tidak berlangsung lama dan langgeng. Jadi saya memilih tarif standard, dan hasilnya tarif GPRS Simpati adalah mahal.
Karena AF903 ini mampu dual simcard, saya memilih simcard IM3 (dan bukan IM2) atas dasar "hasutan teman". Wakakakak...
Dengan IM3, betul-betul ramah dompet. Tarif normal tanpa berlangganan paket apapun hanya Rp1, 00 / kbps. Ini dia baru OK. Untuk bisa menggunakan GPRS pada IM3, kita harus mengetikkan
GPRS[spasi]Merk Ponsel[spasi]Jenis Ponsel
Kirim ke 3000 (bebas pulsa).
Untuk lebih jelasnya silakan baca di sini.
Tambahan informasi atas pengaktifan GPRS pada IM3, pengaktifan otomatis oleh pihak operator hanya terpaku 3 (tiga) jenis merk ponsel, yaitu Nokia - SonyEricsson - Ericsson.
Tapi hal tersebut bukan menjadi masalah, karena dengan pilihan seting "nyeleneh" pun GPRS bisa saya nikmati. Saya memilih GPRS SE K800i kirim ke 3000. Hasilnya, keren abissss. Jadi sistem pada Asiafone bisa dikelabaui. Kekekek...
Catatan untuk operator IM3, kenapa mereka hanya membatasi untuk 3 (tiga) merk ponsel???? Bagaimana dengan Samsung - Motorola - LG - dll???
tuing-tuing-tuing.... bingung.
Atau mau tahu cara yang lebih mudah lagi tanpa ketik GPRS ???
Pilih saja menu Pelayanan - WAP - Pengaturan - Pilih SIM (karena dual SIMCARD) - Edit Profil (sesuaikan dengan pilihan SIMCARD) - SATELINDO WAP.
Asyiknya AF903 telah diseting secara default GPRS operator ponsel yang ada di Indonesia. Jadi untuk Axis dan 3 (three) tidak usah khawatir.
Setelah seting tersebut selesai, kembali ke menu utama AF903, pilih Asiafone Link (tepat di bawah Pelayanan). Pilih Java Seting - Network Setting pilih SATELINDO GPRS.
Dan silakan browsing menggunakan Opera Mini 3.

Ini catatan kekurangan AF903 :
  1. Kamera yang tidak memiliki flash, sehingga foto hanya mengandalkan cahaya terang matahari atau lampu selain neon;
  2. minus wifi;
  3. sistem yang terasa lambat, misal adanya jeda waktu dari setiap tekan tombol hingga eksekusi dijalankan;
  4. Penyimpanan nomor yang bisa terhapus otomatis pada memori telepon (bukan simcard) bila ponsel tersebut dimatikan dan simcard dicabut. Untungnya memori pada simcard tetap terjaga;
  5. tidak ada seting equalizer pada pemutar musiknya;
  6. tidak bisa upgrade Opera Mini 3 menjadi versi 4.

6 komentar:

  1. met siang,,
    gw jg pengguna AF 903..
    yg gw rasa hp yg atu nie gampang bgt blank pas kt gi OL.. hmapir tiap kl gw OL pasti stlh bbrapa menit lngsung hp restart sndri.
    trus mang ringtone pesannya cm itu2 aja to mro? (gag bs pake format MP3 or WAV)
    kl ada solusi or sesuatu yg blm gw atu mengenai hp ini tolong emai ke centpeople80@yahoo.co.id

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mengganggu apa saya boleh menjawab pertanyaan anda??
      begini tadi kata anda hp AF-903 gampang blank?iya saya akui bahwa hp AF-903 gampang blank tetapi ada satu sistem yang tidak berubah sampai sekarang yaitu bagian speker atau ketika kita memainkan musik tidak akan gampang pecah2an suara'a jadi menurut saya hp AF-903 gampang blank memang benar ya nama'a juga HP CINA pasti ada kekurangan'a lah
      dan anda bertanya lagi ringtoon pesannya memang tidak bisa di ganti hanya segitu saja kalau anda bisa membuat HP AF-903 bisa di ganti nada pengaturan SMS anda akan diminta tes hp tersebut jika tidak bisa berarti memang benar tidak akan pernah bisa di ganti...
      maaf saya juga sebenar'a baru memakai hp AF-903 karena di beri oleh saudara saya tetapi saya meneliti hp tersebut karena ada banyak macam yg bisa di gunakan yaitu sya sebutkan bisa menjadi Modem untuk leptop atau komputer dan kecpatan'a bisa di akui memang cepat 600kb/Sec jadi wajarlah kalau anda mau handphone yang sistem'a lengkap bisa membeli handphone smartphon atau BlackBerry atau bisa juga Androit
      maaf saya hanya bisa memberikan solusi yang saya ketahui dan bisa saya rasakan saat ini jadi mohon maaf kalau ada kesalahan :))

      Hapus
  2. @ Agung
    Yup, betul sekali. Ponsel ini memang mudah sekali blank atau hang dengan sendirinya kalau menggunakan Opera Mini 3 default serta WAP. Tapi setelah saya mencoba menggantinya dengan Opera Mini 4.2, segala permasalahan tersebut teratasi. Aplikasi yang disertakan oleh vendor memang tidak stabil (sayang sekali, padahal ponsel ini bisa menjadi pesaing berat untuk ponsel dengan harga yang sama dari produsen papan atas).
    Untuk ringtone pesan, memang tidak ada pilihan lain selain midi. Kecuali ada cara yang belum dicoba yaitu kalau midi tersebut kita hapus, lalu kita impor dari koleksi MP3 (mengingat metoda penambahan dering pada telepon masuk).

    BalasHapus
  3. kira2 laku ga ya kl dijual lg...... g mw ganti lg. biz bt pake af903 yang br g beli kemaren. pa ada yang mau beli af903 g ga? PM ke agunk_gd81@gmail.com

    BalasHapus
  4. iya ya.. bnr juga tuh bro!
    tp cara ngehapus midi gmn bro?
    makasih atas masukannya...

    BalasHapus
  5. met malam bos, saya juga pengguna AF 903, saya bingung nyari driver nya neh, ada ga yang bisa bantu nyariin, kalo ada tolong link buat downloadnya ya, yang gratisan kalo ada, hehehehe..

    BalasHapus